Apa itu Ngabuburit di Bulan Ramadhan? Simak penjelasannya

Ngabuburit: Ada apa? Mari kita lihat penjelasan dari mana, apa, dan bagaimana ngabuburit berasal dan bagaimana penggunaannya dalam budaya kita.

Bagaimana puasa hari pertama, Marhaban ya Ramadhan? Saya harap semuanya berjalan dengan baik dan tidak ada yang macet. Ngabuburit adalah salah satu ritual yang kami lakukan setiap kali bulan suci Ramadhan tiba. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah “ngabuburit”, tapi tahukah Anda apa arti sebenarnya?

Nah, mari kita coba bahas apa itu Ngabuburit agar lebih paham. Setiap kali bulan puasa tiba, istilah “ngabuburit” terdengar nyaring di telinga kita, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu.

Ngabuburit: Ada apa?

Ngabuburit adalah salah satu kegiatan yang dilakukan menjelang adzan magrib yang menandakan berakhirnya puasa. Masa ngabuburit sebenarnya berlangsung dari pukul empat sore hingga akhir puasa. Jadi, mau ke mana sore ini di Ngabuburit?

Tapi tunggu dulu, sebelum ngabuburit, kamu harus paham dulu apa itu ngabuburit dan bagaimana kata itu muncul. Silakan baca ulasan berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang ngabuburit.

Asal Ngabuburit

Istilah “ngabuburit” diciptakan oleh orang Sunda. Teman-teman kita yang berbahasa Sunda menyebut kegiatan sehari-hari kita sebagai ngabuburit, yang diambil dari kata bahasa Sunda burit, yang artinya malam.

Imbuhan kata tersebut kemudian ditambahkan pada akar kata burit sehingga terbentuk kalimat “beraktivitas di sore hari” atau “ngabuburit”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ngauburit berasal dari kata kerja bahasa Sunda. Dan menjadi sempurna berarti menjalankan kebiasaan Ramadhan berbuka puasa setelah azan Maghrib.

Kita punya banyak pilihan untuk mengisi sore hari sebelum ngabuburit atau buka puasa. Tentu saja, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan pada acara ngabuburit setiap tahunnya. Jika sepuluh tahun sebelumnya kita mengisi ngabuburit dengan bersepeda atau jalan kaki keliling rumah, masih banyak lagi berbagai hal yang bisa dilakukan saat ini.

Ngabuburit hari ini biasanya dilakukan di lokasi yang indah atau saat orang bersantai dan berfoto atau membuat cerita. Bagi remaja masa kini, JJS (jalan sore) adalah ungkapan baru.

Sebenarnya, tidak ada persyaratan tindakan apa yang harus diselesaikan di nabuburit. Ingatlah bahwa selain membeli tajil, kita juga harus menyelesaikan tanggung jawab di rumah, termasuk membantu orang tua kita, agar kita dapat mengisi waktu luang kita dengan kegiatan yang positif.

Kedatangan Budaya Ramadhan Khas Ngabuburit di Indonesia

Saat bulan Ramadan tiba, banyak kebiasaan masyarakat yang menjadi norma budaya. Selain pawai obor yang menampilkan berbagai cosplay yang diadakan di desa-desa, ada juga bazaar makanan yang menjual makanan berat dan takjil untuk berbuka puasa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa suasana kekeluargaan yang ramah tidak akan pernah terlupakan. Tempat yang paling nyaman adalah di rumah, apalagi saat Ramadan. Shalat Tarawih telah mendarah daging dalam budaya kita, menarik banyak orang ke masjid setiap malam.

Saat bulan Ramadan tiba, banyak kebiasaan masyarakat yang menjadi norma budaya. Selain pawai obor yang menampilkan berbagai cosplay yang diadakan di desa-desa, ada juga bazaar makanan yang menjual makanan berat dan takjil untuk berbuka puasa.

Akhir kata

Ada banyak hal yang menjadi budaya kita saat Ramadhan tiba. Jadi sekarang kamu sudah tahu apa itu ngabuburit. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi kita semua dan selamat nabuburit buat sobat semua dimanapun berada. Penulis mengucapkan banyak terima kasih dan sampai jumpa di review kami selanjutnya.

Leave a Comment