Apa itu Metode Penelitian Kualitatif, Jenis dan Contohnya Menurut Para Ahli

Metode penelitian kualitatif secara historis telah dilakukan secara langsung atau melalui percakapan telepon. Namun, pendekatan riset online menawarkan banyak keuntungan signifikan dalam menghemat waktu dan sumber daya dibandingkan dengan metode tradisional.

Penelitian kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana orang mengalami dunia. Peneliti memilih penelitian kualitatif untuk memahami atau menjelaskan perilaku, motivasi, dan karakteristik orang dalam kelompok sasaran.

Jenis penelitian ini juga dapat digunakan dalam dunia bisnis jika Anda ingin mengetahui pendapat kelompok tertentu tentang ide-ide baru untuk produk atau layanan atau jika Anda hanya ingin mencoba sesuatu karena memungkinkan Anda mengakses informasi kaya konten tentang persepsi, emosi, dan interaksi antar manusia.

Apa itu penelitian kualitatif?

Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian pasar yang berfokus pada perolehan data melalui komunikasi terbuka dan percakapan.

Metode ini adalah tentang “apa” yang dipikirkan orang dan “mengapa” mereka berpikir demikian. Misalnya, pertimbangkan toko swalayan yang ingin meningkatkan perlindungannya. Pengamatan sistematis menyimpulkan bahwa jumlah pria yang mengunjungi toko ini lebih banyak. Salah satu metode yang baik untuk menentukan mengapa wanita tidak mengunjungi toko adalah dengan melakukan wawancara mendalam terhadap pelanggan potensial dalam kategori tersebut.

Misalnya, setelah berhasil mewawancarai pelanggan wanita, mengunjungi toko dan mal terdekat, dan memilih mereka melalui pengambilan sampel acak, diketahui bahwa toko tidak memiliki cukup barang untuk wanita sehingga jumlah wanita yang mengunjungi toko lebih sedikit, yang dapat dipahami hanya dengan berinteraksi secara pribadi dengan mereka dan memahami mengapa mereka tidak mengunjungi toko, karena produk pria lebih banyak daripada produk wanita.

Penelitian kualitatif didasarkan pada disiplin ilmu sosial seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Oleh karena itu, metode penelitian kualitatif memungkinkan dilakukannya pendalaman dan pendalaman lebih lanjut serta pertanyaan kepada responden berdasarkan tanggapan mereka, dimana pewawancara/peneliti juga berusaha memahami motivasi dan perasaan mereka. Memahami bagaimana audiens Anda mengambil keputusan dapat membantu menarik kesimpulan dalam riset pasar.

Jenis metode penelitian kualitatif beserta contohnya

Metode penelitian kualitatif dirancang dengan cara yang membantu mengungkap perilaku dan persepsi audiens target dengan mengacu pada topik tertentu. Ada berbagai jenis metode penelitian kualitatif seperti wawancara mendalam, kelompok fokus, penelitian etnografi, analisis isi, penelitian studi kasus yang biasanya digunakan.

Hasil metode kualitatif lebih bersifat deskriptif dan dapat ditarik kesimpulan dengan cukup mudah dari data yang diperoleh.

Metode penelitian kualitatif berasal dari ilmu sosial dan perilaku. Saat ini dunia kita lebih rumit dan sulit untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang. Metode penelitian kualitatif online memudahkan pemahaman karena lebih komunikatif dan deskriptif.

Berikut ini adalah metode penelitian kualitatif yang sering digunakan. Baca juga tentang contoh penelitian kualitatif:

1. Wawancara satu lawan satu:

Melakukan wawancara mendalam adalah salah satu metode penelitian kualitatif yang paling umum. Ini adalah wawancara pribadi yang dilakukan dengan satu responden pada satu waktu. Ini murni metode percakapan dan mengundang kesempatan untuk mendapatkan detail secara mendalam dari responden.

Salah satu keuntungan dari metode ini memberikan peluang besar untuk mengumpulkan data yang tepat tentang apa yang diyakini orang dan apa motivasinya. Jika peneliti berpengalaman mengajukan pertanyaan yang tepat dapat membantunya mengumpulkan data yang bermakna. Jika mereka membutuhkan lebih banyak informasi, peneliti harus mengajukan pertanyaan lanjutan yang akan membantu mereka mengumpulkan lebih banyak informasi.

Wawancara ini dapat dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon dan biasanya dapat berlangsung antara setengah jam hingga dua jam atau bahkan lebih. Ketika wawancara mendalam dilakukan secara tatap muka memberikan kesempatan yang lebih baik untuk membaca bahasa tubuh responden dan mencocokkan tanggapan.

2. Kelompok fokus:

Kelompok fokus juga merupakan salah satu metode penelitian kualitatif yang umum digunakan, digunakan dalam pengumpulan data. Grup fokus biasanya mencakup sejumlah responden (6-10) dari dalam target pasar Anda.

Tujuan utama dari kelompok fokus adalah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan “mengapa” “apa” dan “bagaimana”. Salah satu keuntungan dari grup fokus adalah, Anda tidak perlu berinteraksi dengan grup secara langsung. Saat ini kelompok fokus dapat dikirimi survei online di berbagai perangkat dan tanggapan dapat dikumpulkan dengan mengklik tombol.

Kelompok fokus adalah metode yang mahal dibandingkan dengan metode penelitian kualitatif online lainnya. Biasanya mereka digunakan untuk menjelaskan proses yang kompleks. Metode ini sangat berguna untuk riset pasar tentang produk baru dan menguji konsep baru.

3. Penelitian etnografi:

Penelitian etnografi adalah metode observasi paling mendalam yang mempelajari orang-orang di lingkungan alami mereka.

Metode ini mengharuskan para peneliti untuk beradaptasi dengan lingkungan audiens target yang dapat berada di mana saja dari organisasi hingga kota atau lokasi terpencil mana pun. Di sini kendala geografis dapat menjadi masalah saat mengumpulkan data.

Rancangan penelitian ini bertujuan untuk memahami budaya, tantangan, motivasi, dan latar yang terjadi. Alih-alih mengandalkan wawancara dan diskusi, Anda mengalami sendiri latar alaminya.

Jenis metode penelitian ini dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa tahun, karena melibatkan observasi mendalam dan pengumpulan data atas dasar tersebut. Ini adalah metode yang menantang dan memakan waktu dan hanya bergantung pada keahlian peneliti untuk dapat menganalisis, mengamati, dan menyimpulkan data.

4. Penelitian studi kasus:

Metode studi kasus telah berkembang selama beberapa tahun terakhir dan berkembang menjadi metode penelitian berkualitas yang berharga. Seperti namanya itu digunakan untuk menjelaskan suatu organisasi atau entitas.

Jenis metode penelitian ini digunakan dalam sejumlah bidang seperti pendidikan, ilmu sosial dan sejenisnya. Metode ini mungkin terlihat sulit untuk dioperasikan, namun ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk melakukan penelitian karena melibatkan penyelaman mendalam dan pemahaman menyeluruh tentang metode pengumpulan data dan kesimpulan data.

5. Pencatatan:

Metode ini memanfaatkan dokumen terpercaya yang sudah ada dan sumber informasi sejenis sebagai sumber data. Data ini dapat digunakan dalam penelitian baru. Ini mirip dengan pergi ke perpustakaan. Di sana orang dapat membaca buku dan bahan referensi lainnya untuk mengumpulkan data relevan yang mungkin dapat digunakan dalam penelitian.

6. Proses observasi:

Observasi Kualitatif adalah proses penelitian yang menggunakan metodologi subyektif untuk mengumpulkan informasi atau data yang sistematis. Karena, fokus observasi kualitatif adalah proses penelitian yang menggunakan metodologi subyektif untuk mengumpulkan informasi atau data. Pengamatan kualitatif terutama digunakan untuk menyamakan perbedaan kualitas.

Penelitian kualitatif: pengumpulan dan analisis data

A. Pengumpulan data kualitatif

Pengumpulan data kualitatif memungkinkan pengumpulan data non-numerik dan membantu kita mengeksplorasi bagaimana keputusan dibuat dan memberi kita wawasan terperinci. Untuk mencapai kesimpulan tersebut, data yang dikumpulkan harus holistik, kaya, dan bernuansa dan temuan muncul melalui analisis yang cermat.

  • Apapun metode yang dipilih peneliti untuk mengumpulkan data kualitatif, satu aspek yang sangat jelas prosesnya akan menghasilkan data dalam jumlah besar. Selain berbagai metode yang tersedia, metode pengumpulan dan pencatatan data juga berbeda.

Misalnya, jika data kualitatif dikumpulkan melalui kelompok fokus atau diskusi satu lawan satu, akan ada catatan tulisan tangan atau rekaman video. Jika ada rekaman harus ditranskrip dan sebelum proses analisis data dapat dimulai.

  • Sebagai panduan kasar, peneliti berpengalaman membutuhkan 8-10 jam untuk menyalin rekaman wawancara, yang dapat menghasilkan sekitar 20-30 halaman dialog. Banyak peneliti juga suka menyimpan folder terpisah untuk menyimpan rekaman yang dikumpulkan dari kelompok fokus yang berbeda. Ini membantu mereka mengelompokkan data yang dikumpulkan.

Jika ada catatan berjalan yang diambil, yang juga dikenal sebagai catatan lapangan, mereka membantu dalam mempertahankan komentar, konteks lingkungan, analisis lingkungan, isyarat nonverbal, dll. Catatan yang diajukan ini sangat membantu dan dapat dibandingkan saat menyalin data rekaman audio. Catatan semacam itu biasanya bersifat informal tetapi harus diamankan dengan cara yang sama seperti rekaman video atau kaset audio.

B. Analisis data kualitatif

Analisis data kualitatif seperti catatan, video, gambar rekaman audio, dan dokumen teks. Salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk analisis data kualitatif adalah analisis teks.

Analisis teks adalah metode analisis data yang jelas berbeda dari semua metode penelitian kualitatif lainnya, di mana peneliti menganalisis kehidupan sosial para peserta penelitian dan memecahkan kode kata-kata, tindakan, dll.

Ada juga gambar yang digunakan dalam studi penelitian ini dan peneliti menganalisis konteks di mana gambar tersebut digunakan dan menarik kesimpulan darinya. Dalam dekade terakhir, analisis teks melalui apa yang dibagikan di platform media sosial telah mendapatkan popularitas tertinggi.

Ciri-ciri metode penelitian kualitatif

  1. Metode penelitian kualitatif biasanya mengumpulkan data secara langsung, dimana partisipan sedang mengalami masalah atau masalah. Ini adalah data real-time dan jarang membawa peserta keluar dari lokasi geografis untuk mengumpulkan informasi.
  2. Peneliti kualitatif biasanya mengumpulkan berbagai bentuk data, seperti wawancara, observasi, dan dokumen, daripada mengandalkan satu sumber data.
  3. Jenis metode penelitian ini bekerja untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan menguraikan kesimpulan yang bermakna, yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua orang.
  4. Karena ini adalah metode yang lebih komunikatif, orang dapat membangun kepercayaan mereka pada peneliti dan informasi yang diperolehnya mentah dan tidak tercemar.

Metode penelitian kualitatif studi kasus

Mari kita ambil contoh pemilik toko buku yang sedang mencari cara untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan pelanggan mereka. Anggota komunitas online yang merupakan pelanggan setia toko buku diwawancarai dan pertanyaan terkait diajukan dan pertanyaan tersebut dijawab oleh mereka.

Di akhir wawancara, diketahui bahwa sebagian besar buku di toko cocok untuk orang dewasa dan pilihan untuk anak-anak atau remaja tidak cukup.

Dengan melakukan penelitian kualitatif ini pemilik toko buku menyadari apa kekurangannya dan apa yang dirasakan pembacanya. Melalui penelitian ini sekarang pemilik toko buku dapat menyimpan buku untuk berbagai kategori usia dan dapat meningkatkan penjualan dan jangkauan pelanggannya.

Contoh metode penelitian kualitatif semacam itu dapat menjadi dasar untuk melakukan penelitian kuantitatif lebih lanjut, yang memberikan solusi.

Kapan menggunakan penelitian kualitatif

Peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif ketika mereka perlu menangkap wawasan yang akurat dan mendalam. Sangat berguna untuk menangkap “data faktual”. Berikut adalah beberapa contoh kapan menggunakan penelitian kualitatif.

  • Mengembangkan produk baru atau menghasilkan ide.
  • Mempelajari produk/merek atau layanan Anda untuk memperkuat strategi pemasaran Anda.
  • Untuk memahami kekuatan dan kelemahan Anda.
  • Memahami perilaku pembelian.
  • Untuk mempelajari reaksi audiens Anda terhadap kampanye pemasaran dan komunikasi lainnya.
  • Menjelajahi demografi pasar, segmen, dan kelompok layanan pelanggan.
  • Mengumpulkan data persepsi tentang merek, perusahaan, atau produk.

 

Leave a Comment